Kronologi Penyebaran Wabah Cacar Monyet di Eropa

WHO tetapkan darurat wabah cacar monyet
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah cacar monyet (monkeypox) sebagai keadaan darurat kesehatan global pada Sabtu, 23 Juli 2022.

Dituding Rachel Vennya Telantarkan Hewan Langka, Niko Al Hakim Beberkan Kronologi Sebenarnya

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan, meluasnya wabah cacar monyet di lebih dari 70 negara adalah situasi luar biasa, yang sekarang memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global.

WHO mendeklarasikan keadaan darurat global berarti wabah cacar monyet adalah "peristiwa luar biasa" yang emulian dapat meluas ke lebih banyak negara dan membutuhkan respons global yang terkoordinasi.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa Taat Beragama, Ada yang Hafal Alquran

WHO sebelumnya menyatakan, keadaan darurat untuk krisis kesehatan masyarakat seperti pandemi Covid-19, wabah Ebola Afrika Barat 2014, virus Zika di Amerika Latin pada 2016 dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio.

Penyebaran wabah cacar monyet

Dihadiri Mantan Pemain Liverpool, Akademi Persib Putri Jajal 3 Klub Eropa di Singapura

Wabah cacar monyet dikonfirmasi pada 6 Mei 2022 di Britania Raya, yang diawali saat penduduk Inggris bepergian ke Nigeria di Afrika Barat.

Tempat penyakit ini bersifat endemis, dan selama berada di sana, menunjukkan gejala dan tanda klinis yang konsisten dengan cacar monyet pada 29 April 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title