BMKG Ingatkan Potensi Gempa Megathurst Bukan Ramalan!

Fakta mengerikan gempabumi di Afghanistan
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengingatkan potensi gempa megathrust dengan kekuatan 8,7 magnitudo di pantai selatan Jawa Tengah bukanlah ramalan atau prediksi.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 28 Maret 2024

"Kita ini di wiayah Indonesia yang rawan gempa bumi, termasuk juga di Kabupaten Cilacap," katanya dikutip dari antara, Minggu, 31 Juli 2022.

Sebab, jelas Dwikorita, Kabupaten Cilacap berada di pantai selatan Jawa Tengah yang menghadap langsung zona tumbukan lempeng antara lempeng Samudra Hindia dan lempeng Eurasia.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 28 Maret 2024

Menurunya, tumbukan lempeng tersebut merupakan zona gempa megathurst yang skenario terburuknya apabila terjadi gempa di pusat tumbukan itu kekuatannya menyacap 8,7 magnitudo.

"Ini bukan prediksi, bukan ramalan, belum tentu terjadi. Itu bukan hanya analisis pakar gempa bumi dan tsunami dengan memperhitungkan kemungkinan terburuk," kata Dwikorita.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 28 Maret Februari 202

Menurut dia, kemungkinan terburuk itulah yang menjadi dasar acuan untuk melakukan mitigasi, yakni upaya untuk mengurangi atau mengendalikan risiko agar bila sewaktu-waktu terjadi gempa atau tsunami, masyarakat sudah siap baik sarana dan prasarananya, keterampilan untuk menyelamatkan diri, jalur evakuasinya dan tempat-tempat amannya sudah disiapkan.

Dengan kesiapan yang ada, kata dia, ketika terjadi gempa megathrust berdasarkan skenario terburuk itu, korban jiwanya bisa dihindarkan.

Halaman Selanjutnya
img_title