Kabar Gembira Bagi Pendaftar SPAN PTKIN, Hari Ini Akan Diumumkan

pengumuman SPAN PTKIN Kemenag RI
Sumber :
  • tangkap layar instagram @uinsgdofficial

Bandung – Hari ini panitia akan mengumumkan peserta yang lulus ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) 2022.

Disebut Hanya Andalkan Goyangan, Wika Salim Ungkap Hal Ini

Melansir situs resmi Kemenag RI, Kepala Sekretariat Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Mukhsin Jamil mengatakan, siswa yang mendaftar jalur prestasi setelah divalidasi dan finaslisasi berjumlah 172.971 orang.

"Hasilnya akan diumumkan pada Jumat, 15 April 2022 pukul 14.00 WIB," ujar Mukhsin Jamil, dalam keterangannya, Rabu, 3 April 2022.

Ivan Gunawan Jadi Sorotan Usai Pamit Tinggalkan Indonesia

Untuk diketahui Seleksi masuk PTKIN ini dibagi dalam tiga jalur dengan kuota yang berbeda, seperti halnya penerimaan di peguruan tinggi negeri dibawah nauangan Kemendikbuuristek; SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri, juga memiliki kuota yang berbeda.

"Mereka akan bersaing untuk mendapatkan 58.140 kuota mahasiswa baru lewat jalur SPAN PTKIN 2022 yang tersebar pada 109 Program Studi IPA dan 1.149 Program Studi IPS," kata dia.

Profil Arya Wedakarna, Senator Bali yang Rasis Terhadap Muslimah

Untuk peguruan tinggi negeri di bawah naungan Kemenag jalur prestasi akademik atau SPAN PTKIN, kuotanya minimal 20 persen. Sedangkan jalur mandiri atau Ujian Masuk (UM) PTKIN, dengan kuota minimal 40 persen.

Sementara jalur lainnya adalah penerimaan mahasiswa baru di dan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan kuota maksimal 30 persen. (irv)