Pemprov Bagi-bagi Kondom Gratis Cegah Penularan HIV AIDS

Ilustrasi kondom
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat membagikan alat kontrasepsi atau kondom menyasar para Wanita Penjaja Seksual (WPS) di daerah untuk memutus mata rantai penularan HIV/AIDS. Dinkes menegaskan layanan ini juga bukan bentuk dukungan melegalkan seks di luar pernikahan.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 11 Mei 2024

"Jadi kita ada layanan kondom, layanan kondom ini untuk mencegah penularan penyakit menular terutama kita fokuskan ke WPS atau wanita penjaja seks, kita berikan kondom. Itu adalah program kita untuk mencegah penularan HIV itu," ujar Ketua Tim Pencegahan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes Jabar Yudi Komarudin dikutip dari VIVA, Senin, 29 Agustus 2022.

Yudi menerangkan, pembagian kondom itu dilakukan oleh Pemprov Jabar dengan melibatkan Dinas Kesehatan di tingkat kabupaten dan kota hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerhati HIV/AIDS. 

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Sabtu 11 Mei April 2024

Ilustrasi kondom

Photo :
  • Pixabay

"Kalau di wanita penjaja seks kan kebetulan kita punya LSM yang pemerhati HIV, jadi melalui LSM tersebut. Jadi mereka biasanya contoh bisanya ada satu LSM dan dia itu punya populasi kunci WPS di bawah dia gitu," katanya.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 11 Mei 2024

"Kalau kita (Dinas Kesehatan) langsung membagikan kondom mah siapa yang mau atuh, jadi harus melalui LSM tersebut kan mereka memang sudah dijalin hubungan inter personalnya," tambahnya.

Kondom yang dibagikan menyesuaikan dengan yang disediakan di masing-masing daerah. Yudi menyebut ada anggaran yang disediakan Kementerian Kesehatan untuk penyediaan kondom guna mencegah penularan HIV AIDS.

Halaman Selanjutnya
img_title