Hingga Sabtu Sore, Taput Tercatat Digoyang Gempa 79 Kali

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mencatat gempa susulan terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, mencapai 79 kali hingga Sabtu sore, 1 Oktober 2022. Gempa terakhir yang dicatat berkekuatan magnitudo 2,7 pada pukul 14.14 WIB.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Guncangan gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara yang sangat dirasakan warga, menurut BMKG Wilayah I Medan, berkekuatan magnitudo 5,8 pada pukul 02.28 WIB.

Puluhan gempa bumi susulan dengan kekuatan bervariasi, magnitudo antara 53 hingga 2. Intensitas gempa terus menurun sehingga guncangan tidak terlalu terasa oleh masyarakat setempat.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Gempa itu mengakibatkan 1 orang meninggal dunia karena mengindap penyakit jantung, 11 orang lainnya luka-luka dan mendapatkan perawatan dari di rumah sakit di Kabupaten Tapanuli Utara. Sebanyak 5 gereja, 1 sekolah dan belasan rumah warga dilaporkan rusak.

Gempa di Tapanuli Utara sebabkan kerusakan fasilitas umum

Photo :
  • ANTARA
Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengimbau para kepala desa dan Muspika di masing-masing wilayah di Kabupaten Tapanuli Utara untuk turun langsung membantu warga dan melayani masyarakat terkena imbas langsung bencana alam tersebut. Bupati memerintahkan aparaturnya segera membangun dapur umum dan membangun posko.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara untuk tetap tenang dan waspada gempa susulan dengan kekuatan yang terus melemah.

Halaman Selanjutnya
img_title