Komnas HAM Turunkan Tim ke Malang Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang
Sumber :
  • Foto AP/Yudha Prabowo

BANDUNG – Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya turut mengerahkan tim pemantauan untuk berangkat ke Malang, Jawa Timur. Tim tersebut nantinya akan melakukan investigasi terkait dengan tragedi yang menewaskan ratusan orang di Stadion Kanjuruhan.

Kasus Kematian Anggota TNI Praka Supriyadi Memasuki Babak Baru, Polisi Cari Wanita Berinisial W

Kata Taufan, investigasi yang dilakukan Komnas HAM berkaitan dengan aspek hak asasi terhadap para korban meninggal dunia ataupun yang masih menjalani perawatan medis.

"Komnas HAM segera mengirimkan tim pemantauan untuk melakukan investigasi dari aspek hak asasi terhadap peristiwa ini," ujar Taufan dalam keterangannya, Senin, 3 Oktober 2022.

Petugas Damkar Diduga Mencabuli Anak Kandung Berusia 5 Tahun, Ngaku Sering Dimasukin Benda Aneh

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Lebih jauh, Taufan meminta agar Polri dapat mengusut tragedi di Stadion Kanjuruhan ini secara tuntas. Ia juga berharap pemerintah dapat bertanggung jawab penuh terhadap para korban dalam aspek kemanusiaan.

5 Fakta Ledakan Gudang Amunisi TNI Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor

"Kami meminta Polri melakukan pengusutan yang tuntas terhadap tragedi ini. Kami juga meminta pemerintah bertanggung jawab terhadap penanggulangan kesehatan dan aspek kemanusiaan serta kerugian lainnya yang diakibatkan peristiwa ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga Persebaya Surabaya versus Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur selesai. Dalam tragedi itu, ratusan orang meninggal dunia, dua di antaranya dari pihak Kepolisian RI.

Halaman Selanjutnya
img_title