Survei: Elektabilitas Ganjar Masih Unggul dari Prabowo dan Anies

Prabowo, Ganjar dan Anies
Sumber :
  • Ist

BANDUNG – Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) kembali merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas tokoh yang digadang-gadang maju sebagai bakal capres di Pemilu 2024. Dari temuan surveinya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih di posisi teratas. 

Saldo DANA Gratis Rp200 Ribu Tanpa Ribet Buat Kamu, Buruan Klaim Disini

Posisi kedua, ditempatkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Pun, urutan tiga ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan, dalam simulasi tiga nama, Ganjar Pranowo menduduki posisi teratas dengan perolehan 32 persen. Kemudian, Prabowo Subianto 27,5 persen, dan Anies Baswedan 26 persen. 

Habib Bahar Ungkap Hikmah Kemenangan Prabowo-Gibran: Akhirnya PDIP Nyungsep

"Masih ada 14,4 persen yang belum menjawab atau tidak tahu," kata Deni dalam paparan survei SMRC bertajuk ‘Anies Bisa Mengalahkan Prabowo?’ pada Minggu, 24 Oktober 2022.

Deni menuturkan, kemungkinan besar hanya akan muncul 3 calon dalam Pilpres 2024. Hal itu lantaran besarnya ambang batas presiden atau presidential threshold 20 persen kursi DPR. Maka itu, simulasi tiga nama yang selama ini paling kompetitif adalah Anies, Ganjar, dan Prabowo.

Liga Muslim Dunia Tulis Sepucuk Surat Untuk Prabowo Soal Pilpres, Isinya Tak Terduga

Lebih lanjut, Deni mengatakan, Prabowo sudah dicalonkan Partai Gerindra. Sementara, Anies diusung oleh Partai Nasdem. Sementara, Ganjar dalam 6 bulan terakhir selalu menduduki posisi teratas menurut pemilih.

Pun, dia menambahkan dalam satu setengah tahun terakhir, dukungan pada Ganjar mengalami kenaikan dari 25,5 persen pada Mei 2021 menjadi 32,1 persen pada Oktober 2022. Sementara, elektabilitas Prabowo cenderung melemah dari 34,1 persen menjadi 27,5 persen pada periode yang sama.

Halaman Selanjutnya
img_title