ISIS Serang Masjid Syiah di Iran, Tewaskan 15 Orang

Pelaku penembakan di Masjid Syiah Iran
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Serangan brutal di Masjid Shah Cheragh Iran telah menewaskan 15 orang dan melukai 40 lainnya. Dalam serangan yang terjadi pada hari Rabu, 26 Oktober 2022, insiden tersebut terjadi begitu saja. Kelompok Negara Islam atau ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan di saluran telegram mereka.

Polisi Lakukan Tes Urine Terhadap Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Utama, Begini Hasilnya

Nour News, outlet media yang berafiliasi dengan negara Iran, sebelumnya melaporkan bahwa para penyerang bukanlah warga negara Iran. Kantor Berita Fars mengatakan bahwa seorang wanita dan dua anak tewas dalam serangan di masjid utama kaum Syiah itu.

"Kami sedang bersiap untuk salat dan kemudian kami mendengar suara tembakan, kami mencoba melarikan diri dari sisi lain, tetapi kemudian saya menyadari bahwa saya berdarah," kata seorang saksi dan penyintas serangan tersebut, dikutip dari Al Jazeera, Kamis, 27 Oktober 2022.

Janggal, Korban Inses di Bengkulu Peluk dan Tangisi Pelaku: Cepat Pulang Kak, Aku Tunggu

"Saya tidak bisa melihat siapa yang menembak, itu dimulai dari jalan dan kemudian mereka datang ke kuil dan mereka menembak siapa pun yang mereka lihat. Saya melihat beberapa orang terluka dan terbunuh, tetapi saya tidak melihat para penyerang," katanya.

Dari video CCTV yang merekam detik-detik pelaku yang membawa senjata laras panjang mulai menembaki orang-orang di Masjid Shah Cheragh. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ada 3 orang pelaku penyerangan, namun kantor berita Tasnim menyebutkan hanya ada 1 orang pelaku.

Habib Jafar dan Pendeta Marcel Bahas War Takjil, Bikin Onad Ngakak

Fouad Izadi, seorang profesor di Fakultas Studi Dunia di Universitas Teheran, mengatakan tujuan penembakan itu adalah untuk menyerang jamaah.

"Ini adalah perbuatan ISIS, mereka menyerang masjid, mereka menyerang tempat suci," kata Izadi.

Halaman Selanjutnya
img_title