Bus Jemaah Umrah Indonesia Kecelakaan di Jeddah, 2 Tewas 5 Luka-luka

Jemaah haji asal Indonesia meninggal
Sumber :
  • MCH 2019/Darmawan

BANDUNG – Bus yang membawa jemaah umrah Indonesia mengalami kecelakaan tunggal di kota Jeddah, pada Selasa, 25 Oktober 2022. Kecelakaan tersebut diketahui telah menewaskan dua orang dan melukai lima orang lainnya. 

Jelang Timnas U-23 Hadapi Laga Semifinal, Pelatih Arab Saudi Bongkar Kekuatan Uzbekistan U-23

Dalam hal ini, Kementerian Agama RI menjelaskan bagaimana kronologi dari insiden yang terjadi pada pukul 23.00 waktu Arab Saudi (WAS) tersebut.

Konsul KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, menjelaskan bahwa awalnya rombongan yang berjumlah 50 orang jemaah umrah ini berangkat melalui Travel Mubina (Muasasah Abu Sarhad). Kemudian, para jemaah mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, sekitar pukul 19.00 WAS. Lalu, pada pukul 21.00 WAS, mereka diberangkatkan dari bandara King Abdulaziz Jeddah menuju Mekkah. 

Garuda Muda Siap Hadapi Uzbekistan, Shin Tae-yong Ungkap Rahasia Keunggulan Timnas U-23

Namun, pada pukul 23.00, bus yang membawa jemaah umrah tersebut mengalami kecelakaan tunggal, dan menyebabkan dua WNI tewas yakni pengemudi bus dan muthawwif (pembimbing ibadah). Meski demikian, jemaah umrah Indonesia tidak ada yang dinyatakan tewas, namun lima lainnya mengalami luka-luka.

"Ada lima jemaah yang mengalami luka ringan, terdiri dari tiga jemaah perempuan dan dua jemaah laki-laki, selain itu ada jemaah perempuan mengalami luka berat," ujar Nasrullah.

Top Skor Uzbekistan Janji Akan Taklukan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal

Nasrullah juga kembali menjabarkan bahwa jemaah yang mengalami luka parah langsung dibawa ke ICU RS An-Nur Mekkah.

Dalam pernyataan terpisah, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan bahwa KJRI Jeddah segera mengirimkan tim perlindungan WNI ke wilayah Mekkah dan berkoordinasi dengan otoritas setempat.

Halaman Selanjutnya
img_title