Komnas HAM Sentil PSSI Soal Tragedi Kanjuruhan

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam
Sumber :
  • Dok Komnas HAM

BANDUNG – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebutkan dalam struktur jabatannya di dunia sepak bola tanah air, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bisa saja menghentikan pertandingan dua club sepak bola dalam negeri yang mengakibatkan ratusan suporter meninggal dunia. Selain itu, Ketua PSSI bisa mengambil tindakan dengan membatalkan laga Arema FC vs Persebaya.

Kata Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan dalam situasi tersebut ditemukan bahwa pertandingan dua club besar tetap di lanjutkan untuk komersial demi pemasukan suatu pihak.

Komisioner Komnas HAM, M Choirul Anam

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Fantastis! Segini Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

"Lebih jauh dalam spektrum yang luas dalam keselamatan dan keamanan, unsur-unsur penting dalam pertandingan Arema vs Persebaya pada 1 Oktober 2022 mengabaikan keselamatan dan keamanan atau setidak-tidaknya tidak menjadikan keselamatan dan keamanan sebagai salah satu pilar utama dalam penyelenggaraan pertandingan tersebut yang dalam realitas faktualnya merupakan pertandingan dengan kategori high risk (risiko tinggi)," ujar Anam kepada awak media, di Gedung Komnas HAM Jakarta Pusat, Rabu 2 November 2022.

Anam mengatakan Ketua PSSI Moch Iriawan seharusnya bisa melihat situasi ke depan dengan memperhatikan aspek keselamatan banyak orang yang ingin menyaksikan pertandingan saat itu.

Daftar Polri 2024, Ini Link Download PDF Contoh Surat Persetujuan Orang Tua

"Ketua Umum dan Sekjen PSSI antara lain tidak mengambil langkah konkret sesuai dengan regulasi atas pertandingan high risk tersebut untuk memastikan keselamatan dan keamanan. Kewenangan yang dimiliki tidak digunakan untuk menjamin keamanan dan keselamatan padahal mengetahui proses dinamika status keamanan menuju pertandingan tersebut," ujarnya.

Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Arema FC vs Persebaya

Photo :
  • VIVA
Halaman Selanjutnya
img_title