Training Center Timnas Indonesia Resmi Dibangun di IKN

Jokowi, Erick Thohir, dan Dito Ariotedjo
Sumber :

Viva Bandung – Erick Thohir, Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), mengungkapkan bahwa groundbreaking national training center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat, 22 September 2023 memulai babak baru sepakbola Indonesia.

Kata Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23

Dia menyampaikan impian ini tidak lepas dari dorongan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan komitmen FIFA yang melihat rencana dari transformasi sepakbola Indonesia bisa bersih dan berprestasi. 

"Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki TC buat tim nasional sepak bola yang terpadu," ujar Erick.

Rekor Baik Korea Selatan Dihancurkan Shin Tae-yong

Erick juga menyampaikan bahwa FIFA juga sudah memberikan bantuan sebesar Rp 85,6 miliar untuk pembangunan TC fase pertama untuk dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, dan ruang ganti.  

"Ini pertama kali sebagai FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," ucap Erick. 

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Erick Thohir Buka Suara

Erick menjelaskan bahwa pembangunan TC seluas 34,5 hektare ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait infrastruktur pendukung dan dan pembebasan lahan senilai Rp90 miliar melalui APBN.  

Untuk fase dua, akan dilakukan pembangunan delapan lapangan. Dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan asilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

Halaman Selanjutnya
img_title