Sinopsis Film Mappacci yang Lestarikan Adat Makassar

Film Mappacci
Sumber :

Viva Bandung – Mappacci adalah salah satu adat dari Provinsi Sulawesi Selatan. Upacara Mappacci atau Mappaccing berasal dari kata "Paccing" yang artinya bersih. Tujuan dari upacara ini adalah untuk membersihkan diri dari semua yang bisa menghambat pernikahan.

Klaim Saldo DANA Gratis Anda Hari Ini Jumat 26 April 2024, Bonus Link DANA Kaget Rp400 Ribu

Setelah sukses dengan "Uang Panai dan Kaili The Movie", kini sineas Makassar satu ini kembali mengangkat budaya pengantin Bugis Makassar mappacci, yaitu prosesi yang dilakukan calon mempelai di rumah masing-masing untuk membersihkan diri dari segala hal menjelang pernikahan,

Film ini diproduksi tahun 2020 dan sempat tertunda karena COVID-19. Mappacci: Malam Pacar oleh LSF diklasifikasikan untuk penonton 13 tahun ke atas, tayang di Bioskop sejak Kamis, 24 Agustus 2023.

Jangan Sampai Ketinggalan! 3 Aplikasi Ini Bisa Buat Anda Kaya Mendadak!

Pemeran dalam film ini salah satunya adalah Cahya Arynagara, aktor kelahiran Makassar yang mengaku sangat antusias ketika ditawari memerankan tokoh Iwan dalam film. Dia menceritakan sebelum membintangi film ini, beberapa kali memerankan karakter di sejumlah film lokal yang menceritakan adat Makassar.

"Kebetulan sutradaranya Om Adi Burhamzah, kami pernah terlibat projek bareng sebelumnya jadi kedekatan emosionalnya udah dapat, sempat dikirimin dulu sinopsisnya setelah saya lihat keren menarik saya terima aja," katanya saat ditemui di Djakarta Theater.

Ingin Hasilkan Saldo Dana Gratis Tiap Hari? Pakai 3 Aplikasi Viral Ini

Menurutnya, ada banyak keunikan yang menarik untuk diketahui dari film Mappacci yang diperankannya dengan Andi Batari Vintang (Tenri).

"Kebetulan saya asal Bugis, Makassar, adatnya banyak dan film ini mengangkat tema adat Bugis. Menarik si karena jarang banget sineas film yang mengangkat budaya-budaya adat," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title