Mau Liburan ke Gunungkidul, Ada Apa Saja?

Homestay Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul
Sumber :

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tengah gencar melaksanakan kegiatan branding pembangunan daerah dengan Campaign: The Ultimate Hidden Gem.

Sempat Buat Will Smith Penasaran, Begini Keindahan Wisata Keranjang Sultan di Sukabumi

Di bawah kepemimpinan Bupati H. Sunaryanta, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul fokus pada tiga program unggulan, yaitu Pembangunan Pariwisata, Investasi, dan Ekonomi Kerakyatan.

Sepanjang 2022, Gunungkidul telah berupaya untuk melakukan pengembangan sektor pariwisata maupun promosi pariwisata yang dalam pelaksanaannya melibatkan lintas sektor.

Pernah Kuliah Kedokteran di UGM, Profil Mbah Benu Pimpinan Jemaah Aolia Gunungkidul

Beberapa di antaranya adalah penguatan community based tourism melalui peningkatan kapasitas kelembagaan dan pengelola desa wisata, pengembangan transaksi non tunai layanan pembayaran retribusi tempat rekreasi dan olahraga melalui QRIS BPD DIY pada beberapa TPR dan juga integrasi transaksi non tunai layanan retribusi tempat rekreasi dan olahraga melalui aplikasi Visiting Jogja.

Penguatan kapasitas SDM pelaku usaha pariwisata baik yang tergabung dalam PHRI, PPJI, HPI maupun Desa Wisata dalam digitalisasi branding, pemasaran dan penjualan, sertifikasi pramuwisata, pelatihan pemandu wisata gua atau caving, pelatihan barista, dan lain-lain. 

Beda dari yang Lain, Jemaah Aolia Gunungkidul Rayakan Idul Fitri Tanpa Gema Takbir

Kemudian juga adanya penyelenggaraan event dan sport tourism di destinasi wisata berkolaborasi dengan Pemda DIY, Perangkat Daerah terkait dan penyelenggara event lainnya, seperti Gunungkidul Weekend Fest, Geoheritage Cross Country, Keroncong Plesiran, Nikah Bareng Segoro Kidul, Jazz Caravan Tour, Sirkuit Nasional Voli Pantai, Jogja Air Show 2022, Gala Premiere Film Jogja, Kamu dan Rindu produksi Badan Otoritas Borobudur di GV Pakuwon Hartono Mall, dan lain-lain. 

Selain itu dilakukan penguatan terhadap sektor ekonomi kreatif menuju Kota/Kabupaten Kreatif dengan membentuk komite ekonomi kreatif dan forum ekonomi kreatif yang di dalamnya terdapat 17 sub sektor ekonomi kreatif, serta pengembangan sistem informasi ekonomi kreatif.

Halaman Selanjutnya
img_title