Yu Sambangi Heritage Eksotis di Bandung, NI Escompto Mij

Bandung Tempo Dulu
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG - Berwisata di Bandung memang menarik, tak hanya dikenal dengan wisata alamnya, Bandung juga dikenal dengan bangunan eksostisnya, khususnya wisata bangunan unik atau heritage.

Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23, Media Korea Selatan Soroti Shin Tae-yong Soal Ini

Salahsatunya adalah NI Escompto Mij. Dulu terletak di Merdekalioweg, Jalan Merdeka Lio, bangunan ini merupakan bank pertama yang ada di kota Bandung.

Bank yang dibangun tahun 1857 ini dipercaya oleh para pengusaha perkebunan yang ada di wilayah Bandung dan sekitarnya. Bank ini ada jauh sebelum Bandung ditetapkan sebagai Kota Gemeente. Dan pada tanggal 19 Mei 1900.

Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23, Nama Timnas Indonesia Viral di Eropa

Bank NI Escompto Mij ini dipindah ke Bragaweg Jalan Braga, pada 29 Januari 1912, Bank NI Escompto Mij, pindah ke gedung baru di sudut timur Grote postweg Jalan Asia Afrika dan oude Kerkhofweg Jalan Banceuy, di sisi timur kantor pos Bandung sampai sekarang.

Gedung ini di bangun dengan gaya arsitektur Art Nouveau yang kaya dengan ornamen penghias gedung.

Permainan Apik Timnas Indonesia U-23 Jadi Sorotan Media Eropa, Sebut Sebagai "Tim Pengacau"

Bank NI Escompto Mij ini diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia dan menjadi Bank Dagang Negara pada pertengahan tahun 1945, dan pada tanggal 2 Oktober BDN ini bermerger dengan Bank milik pemerintah lainnya yang akhirnya menjadi Bank Mandiri.

Bangunan menarik ini dulu bisa kita lihat langsung dari arah Jalan Dewi Sartika setelah adanya bangunan Gedung Masjid Agung, juga bisa kita lihat pula dari arah perempatan jalan Oto Islandar Dinata (Otista) dan jalan Asia Afrika, sebelum dibangunnya jembatan penyebrangan yang berada di depan Gedung Kantor Pos dan Giro. (Irv)