Bekas Tambang Disulap Jadi Wisata Kunjungi Indahnya Ciguha River Bogor

Wisata alam Ciguha River Kabupaten Bogor
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Berwisata akhir pekan di Jawa Barat memang menjadi momen mengasyikan, seperti halnya di Kabupaten Bogor, tak hanya dikenal dengan wisata puncaknya, keindahan alam bekas tambang juga menjadi wisata menarik.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Salah satunya adalah Ciguha River, bekas pertambangan liar, yang kini disulap jadi wisata alam di Nanggung, Kabupaten Bogor.

Ingin menikmati kawasan Wisata Ciguha River di kawasan Kampung Ciguha, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor?

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Sebelumnya diketahui, kawasan wisata Sungai Ciguha atau Ciguha River dulunya merupakan tempat penambangan liar atau gurandil dan sempat tercemar limbah berat.

Kini berkat kerja sama berbagai pihak kawasan tersebut telah berhasil disulap menjadi kawasan wisata, yang sekaligus berperan sebagai sungai bio indicator terhadap pencemaran air sekaligus mendukung Sustainable Development Goal's (SDG’s).

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 18 April 2024

Adapun terbentuknya kawasan wisata ini diinisiasi para lokal heroes yang beberapa di antaranya merupakan mantan gurandil, yang juga mendapat dukungan dari PT Antam, serta unsur pemerintah setempat.

Sementara itu, nilai edukasi, konservasi, dan wisata dikombinasikan dari suasana alam dengan memanfaatkan aliran Sungai Ciguha.

Halaman Selanjutnya
img_title