Berusia 1 Abad, Bendungan Walahar Jadi Wisata Heritage di Karawang

Bendungan walahar wisata heritage Karawang
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG Mengenal sejarah peninggalan masa penjajahan Belanda di Karawang, sejarah tak hanya berupa, cerita, naskah, prasasti atau pun benda kuno lainnya.

Meski Terbentur Aturan FIFA, PSSI Usahakan Maarten Paes Gabung Timnas Indonesia

Bangunan atau infrastruktur masa lampau yang memiliki nilai sejarah juga termasuk bagian penting dari peninggalan sejarah.

Sepeti halnya di Karawang, sejarah peninggalan masa penjajahan tersebut berupa bendungan, yang berlokasi di wilayah Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, bendungan tersebut juga diberi nama Bendungan Walahar.

Erick Thohir Beri Lampu Hijau Maarten Paes Perkuat Timnas Indonesia

Mengenal Bendungan Walahar

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Plt Disperpusip) Kabupaten Karawang, Haryanto mengatakan, bendungan Walahar merupakan bendungan bersejarah peninggalan masa penjajahan Belanda, yang hingga masih ada, berfungsi, dan kokoh berdiri di Karawang.

Alasan Kiki Fatmala Dimakamkan di San Diego Hills, Sang Suami Ungkap Fakta Ini

"Bendungan Walahar digunakan untuk mengatur debit air sungai Citarum, yang berguna untuk mengairi sawah seluas ratusan hektare," ujar Haryanto, ketika ditemui di Kantor Disperpusip, Jalan Ahmad Yani, Karawang, Senin, 18 Juli 2022.

Diketahui, Bendungan Walahar membentuk waduk seluas kurang lebih 15 hektare. Bendungan ini berbatasan dengan Gintungkerta sebelah utara, Anggadita, Klari sebelah barat, Kutapohaci, Ciampel sebelah selatan, dan sebelah timur berbatasan dengan Cimahi, Klari.

Halaman Selanjutnya
img_title