4 Kawah Teraneh dan Penuh Misteri di Dunia, Ada yang Jadi Tanda Kiamat

Kawah puncak Ijen
Sumber :
  • BNPB

BANDUNG –Dunia ini menyimpan keindahan alam yang memang tidak ada habisnya untuk dieksplorasi, termasuk kehadiran kawah teraneh di dunia. Seperti yang kita ketahui, alam memang menyimpan banyak misteri di dalamnya, meski manusia, sampai saat ini, masih melakukan segala cara untuk mengungkap misteri. 

Sempat Buat Will Smith Penasaran, Begini Keindahan Wisata Keranjang Sultan di Sukabumi

Bahkan, belum sampai 2/3 misteri alam yang sudah terungkap oleh manusia. Misteri alam di sekitar kita kerap disebut sebagai fenomena alam. Salah satunya adalah kehadiran beberapa kawah yang mungkin bisa dikatakan aneh oleh sebagian besar orang. Bahkan, ada pula yang menjadi tanda kehadiran kiamat dunia. 

Sementara itu, Bumi sendiri merupakan rumah untuk beberapa kawah yang luar biasa dengan sejarah yang sama luar biasa, tidak semua situs kawah mudah diakses dan menjadi tontonan manusia di kehidupan nyata. Untuk itu, berikut ulasan tentang kawah teraneh di dunia seperti dirangkum VIVA dari space.com. 

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

1. Kawah Barringer

Kawah Barringer merupakan sebuah kawah meteor yang terbentuk relatif baru hanya 50 ribu tahun lalu saat sebuah meteor besi berukuran 30 meter sampai 50 meter menghantam Colorado dataran tinggi di Arizona Utara, menurut Lunar and Planetary Institute. 

5 Tempat Terbaik untuk Rayakan Malam Tahun Baru di Bandung

Asal usul kawah teraneh di dunia ini pertama kali diidentifikasi oleh insinyur pertambangan Daniel Moreau Barringer yang meyakini bahwa kawah tersebut adalah hasil meteor yang menabrak Bumi, sebuah pandangan yang tidak dimiliki oleh banyak ahli kala itu. Meski banyak ditentang, ia tetap menyelidiki kawah tersebut selama bertahun-tahun. 

2. Kawah Lonar

Halaman Selanjutnya
img_title