Ini Dia 4 Kota Kreatif di Indonesia Versi UNESCO

Taman Balai Kota Bandung
Sumber :
  • Pinterest

BANDUNG – United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) merupakan badan khusus PBB yang mencatat bidang pelestariaan kebudayaan. Dalam catatan UNESCO, ternyata ada 4 kota di Indonesia yang masuk ke dalam daftar kota paling kreatif.

Sempat Buat Will Smith Penasaran, Begini Keindahan Wisata Keranjang Sultan di Sukabumi

Creative Cities Network adalah komunitas kota kreatif di dunia. UNESCO menghimpun negara-negara yang dinilai berkontribusi secara aktif dalam kebudayaan. Seleksi yang dilewati juga sangat ketat. Melansir dari situs resmi Creative Cities Network UNESCO, setiap negara hanya dapat mengajukan dua kota dalam seleksi setiap tahunnya.

Selanjutnya, UNESCO akan menyeleksi serta menilai setiap kota yang diajukan dengan dewan khusus sebelum menetapkan sebagai kota kreatif dunia. Apa saja Kota tersebut dana pa yang mmebuat mereka terpilih menjadi kota kreatif di dunia? Berikut ulasannya dilansir dari VIVA.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

1. Pekalongan

Pekalongan juga dikenal sebagai "Kota Batik". Julukan ini bukan tanpa alasan. Kerajinan tangan, seperti batik tulis dan batik cap tangan, merupakan sumber utama perekonomian Pekalongan.

Terungkap Pelaku Penganiayaan Santri Kediri Hingga Tewas, Ternyata Dibantai Kakak Senior

Seni, budaya dan ekonomi, serta desain dan produksi batik merupakan bagian penting dari identitas Pekalongan. Terintegrasi ke dalam sistem pendidikan, budaya membatik diajarkan di bangku sekolah. terintegrasi dengan baik ke dalam rencana pengembangan ekonomi kreatif kota.

Anggota Jaringan Kota Kreatif UNESCO sejak: 2014

Halaman Selanjutnya
img_title