Wisata Curug Malela, Hidden Gem di Kabupaten Bandung

Curug Malela
Sumber :
  • U-Report

BANDUNG – Bandung terkenal dengan sejumlah tempat wisata alam dan mampu membuat pikiran rileks dengan pemandangannya yang memukau. Berbagai jenis wisata alam mulai dari kawah, hamparan bukit, hingga air terjun, semuanya tersedia di Bandung.

Sempat Buat Will Smith Penasaran, Begini Keindahan Wisata Keranjang Sultan di Sukabumi

Air terjun atau curug merupakan salah satu wisata andalan yang ada di Bandung. Bagi kamu penggemar biasa air, Curug Malela bisa menjadi opsi tempat wisata baik bersama keluarga, teman, atau pacar.

Lokasi Curug Malela cukup tersembunyi, berada di perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Kecamatan Gununghalu. Untuk menjangkau Curug Malela diperlukan waktu tempuh sekitar 120 menit dari Kota Bandung. Jika dari Kota Cianjur memakan waktu kira-kira 3 jam. Keduanya merupakan waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi. 

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Walaupun cukup jauh dari tengah kota, Curug Malela akhir-akhir ini kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Hal ini disebabkan selain menawarkan panorama memanjakan mata dengan pepohonan rindang serba hijau, Curug Malela juga menghadirkan beberapa spot foto yang tentu diminati terutama oleh kaum milenial serta Gen Z seperti jembatan di atas aliran air Curug Malela yang menjadi tempat favorit pengunjung.

Tak jarang Curug Malela disebut-sebut kembaran dari Air Terjun Niagara yang berada di Amerika Selatan lantaran bentuknya yang mirip. Kucuran air di Curug Malela tidak hanya satu melainkan berjumlah lima sekaligus dengan debit air yang cukup deras.

5 Tempat Terbaik untuk Rayakan Malam Tahun Baru di Bandung

Berada di ketinggian 60 meter, kucuran air tersebut meluncur secara horizontal dengan lebar permukaan 70 meter. Tak cuma itu, bebatuan tingkat tujuh pada air terjun menjadi nilai estetik tambahan bagi Curug Malela.

Air di Curug Malela terbilang bening diiringi oleh hawa yang sejuk. Jika kamu mencari kesegaran di tengah suntuknya kehidupan sehari-hari, mungkin dengan berenang di Curug Malela bisa menyegarkan pikiran juga. Namun perlu diperhatikan bila ingin berenang di sini. Pasalnya kedalaman kolam Curug Malela mencapai 1,5 hingga 2 meter. 

Halaman Selanjutnya
img_title