Pilihan Cara Efektif untuk Menghemat Baterai di HP Xiaomi dengan HyperOS

Ilustrai Baterai HP
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVABandung – Jika baterai HP Xiaomi, Redmi, atau Poco cepat habis, meskipun penggunaan hanya sebatas aktivitas normal, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan baterai. HyperOS, sistem operasi baru dari Xiaomi, menawarkan peningkatan dalam manajemen daya. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk menghemat baterai di perangkat Xiaomi yang menggunakan HyperOS.

Ilustrasi Baterai Ponsel

Photo :
  • id.pinterest.com

Pertama, nonaktifkan GPS ketika tidak diperlukan. Fitur ini bisa menguras daya baterai karena terus bekerja di latar belakang, terutama saat bepergian.

Kedua, jadwalkan penghemat baterai untuk aktif saat tidur. Fitur unik dari HyperOS ini akan secara otomatis mengaktifkan mode hemat daya saat pengguna tidur, mencegah aplikasi dan pembaruan berjalan di latar belakang.

Ketiga, hentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang. Banyak aplikasi yang tetap aktif meski tidak digunakan, dan ini bisa menguras baterai. Pastikan aplikasi yang tidak penting dimatikan. Selanjutnya, nonaktifkan fitur autostart untuk mencegah aplikasi tertentu berjalan secara otomatis saat perangkat dinyalakan.

Keempat, pastikan OS dan aplikasi sistem selalu diperbarui. Pembaruan ini sering kali berisi peningkatan efisiensi daya. Atur juga waktu mati layar otomatis menjadi 15 atau 30 detik untuk mengurangi penggunaan baterai akibat layar yang menyala terlalu lama.

Kelima, nonaktifkan pemindaian WiFi di latar belakang. Meskipun WiFi dalam kondisi mati, Android tetap memindai jaringan, yang bisa menguras daya. Dengan menonaktifkan fitur pemindaian WiFi, daya baterai bisa lebih awet. Aktifkan juga mode gelap, terutama untuk layar berbasis AMOLED, karena dapat mematikan lebih banyak piksel berwarna hitam, menghemat lebih banyak energi.