Kemenpora Sebut Pembukaan Piala Dunia U-20 ada Tiga Altrenatif Stadion

Kemenpora Zainudin Amali
Kemenpora Zainudin Amali
Sumber :
  • kemenpora.go.id

BANDUNG – Piala Dunia U-20 akan diselenggarakan mulai tanggal 20 Mei 2023 hinnga 11 Juni 2023 di Indonesia. Untuk penyelenggaraan kompetisi tersebutTiga Stadion tlah dipersiapkan, yaitu di Jakarta, Solo, atau Surabaya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memberikan beberapa penjelasan sehubungan Piala Dunia U-20 Tahun 2023, dimana Indonesia dipercaya FIFA sebagai tuan rumah.

Salah satunya untuk stadion yang dipakai pembukaan ada tiga yang menjadi alternatif pilihan yaitu di Jakarta, Solo, atau Surabaya, akan tetapi untuk keputusan sepenuhnya ditangan FIFA.

"Jadi tiga itu (Jakarta, Solo, Surabaya) yang menjadi alternatif pilihan kita, tergantung FIFA yang memutuskan, bukan kami,"ujar Amali dikutip dari situs resmi kemenpora.go.id pada Kamis, 24 November 2022.

Menurut Menpora pembukaan Piala Dunia di Qatar tentu berbeda dengan saat kita pembukaan Piala Dunia U-20. Nanti di U-20 itu tidak ada gegap gempita pembukaan seperti yang senior," jelas Menpora Amali, usai bermain golf dalam rangkaian Porwanas ke-13, di Araya Golf, Malang, Jawa Timur, Selasa (22/11) siang.

"Pembukaan U-20 itu adalah pertandingan pertama, paling ada kata-kata pengantar yang tidak lebih dari 5 menit. Padahal saya sudah minta dan Pak Presiden Jokowi juga minta setidaknya supaya ada pembukaan yang meriah seperti pembukaan Asian Games, tetapi ternyata aturan FIFA tidak memungkinkan untuk itu," tambahnya.

Perihal Keppres tentang Piala Dunia U-20, ada sedikit perubahan. Tadinya Menteri PUPR penanggung jawab infrastruktur, Menpora penanggung jawab penyelenggaraan dan PSSI penanggung jawab prestasi, untuk sekarang ada penambahan tugas yang diemban PSSI.