Sosok Fergus Tierney, Bule Malaysia yang Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia

Timnas Malaysia
Sumber :

Viva BandungFergus Tierney adalah sosok "bule" yang menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia dalam laga perdana Piala AFF U-23 2023. Dia mencatat brace ke gawang Indonesia yang dijaga oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Rekor Baik Korea Selatan Dihancurkan Shin Tae-yong

Dua gol dari Fergus Tierney membuat Indonesia kalah dengan skor 1-2 di Rayong Provincial Stadium Thailand, pada Jumat, 19 Agustus 2023. Sebelumnya, Indonesia sempat unggul pada menit ke-28 oleh Ramadhan Sananta.

Fergus Tierney masuk pada menit ke-46 menggantikan Shahir Bashah. Pemain berusia 20 tahun tersebut mencetak dua gol pada menit ke-54 dan 62. 

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Erick Thohir Buka Suara

Dia adalah seorang pemain naturalisasi Timnas Malaysia. Dia lahir di Galsgow, Skotlandia, pada 19 Maret 2003.

Tierney merasa sebagai orang Malaysia karena dia dibesarkan di Penang. Pemain berusia 20 tahun itu tidak keberatan menjadi pemain naturalisasi Malaysia.

Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23, Nama Timnas Indonesia Viral di Eropa

Darah atlet mengalir dalam diri Tierney. Ayahnya Martin Tierney adalah mantan pesepakbola profesional dan pernah berkarier di Malaysia dengan PDRM FA dan Penang. Sedangkan ibunya, Sharon Tierney, sempat memperkuat atletik Skotlandia.

Fergus Tierney dibesarkan di akademi Soccer Experience FC. Dia memiliki pengalaman bertanding melawan tim akademi klub Eropa, dari mulai Atletico Madrid, Osasuna, Tenerife, Levante dan Rangers FC.

Halaman Selanjutnya
img_title