Rekor Baru Shin Tae-yong Setelah Loloskan Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong
Sumber :
  • PSSI

Viva Bandung – Timnas Indonesia U-23 berhasil tembus ke Piala Asia 2024 setelah meraih kemenangan atas Turkmenistan pada laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23.

Bertanding di Stadion Manahan Solo, pada Selasa, 12 September 2023, Indonesia menang dengan skor 2-0. Gol kemenangan Garuda Muda ini dicetak oleh Ivar Jenner dan Pratama Arhan.

Kemenangan tersebut membuat Indonesia mendapatkan enam poin dan berada di puncak klasemen akhir Grup K. Dengan demikian, Indonesia otomatis lolos ke Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Qatar tahun depan.

Kesuksesan Timnas Indonesia U-23 ini juga menghasilkan catatan spesial untuk pelatih Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu berhasil mencatatkan rekor. Dia menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa tiga kelompok usia Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia yaitu senior, U-20, dan U-23.

Shin Tae-yong sebelumnya berhasil meloloskan  Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20 2023 usai menjadi juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Surabaya pada September 2022. Sayangnya, di putaran final Piala Asia U-20 2023 perjalanan Timnas Indonesia U-20 terhenti di fase grup usai finis di peringkat ketiga Grup A.

Setelah Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Lewat perjuangan luar biasa dari melalui babak pertama, babak play-off, tembus babak ketiga, hingga lolos ke putaran final.

Halaman Selanjutnya
img_title