Jangan Panik, Ini Tips Penyelamatan Diri saat Gempa

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Gempa bumi terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022 pukul 13.21 WIB. Gempa yang memiliki kekuatan magnitudo 5,6 ini terasa kuat hingga Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, dan sekitarnya sehingga membuat banyak masyarakat yang sedang beraktivitas merasa panik.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Dikutip VIVA dari situs BMKG, gempa terjadi di kedalaman 10 Km. BMKG pastikan tidak ada tsunami akibat gempa tersebut. Ada pun, gempa bumi memang sering terjadi di Indonesia lantaran masih banyak gunung berapi yang aktif serta dikelilingi lempeng samudera.

Maka, risiko gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan kita harus siap menghadapinya. Tak perlu panik, berikut deret upaya penyelamatan diri saat gempa bumi terjadi dikutip dari laman BPDB Bogor.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Terdapat cara dasar untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi. Saat terjadi gempa, cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan metode drop, cover, hold on. Dengan kata lain, saat terjadi gempa Anda harus menurunkan posisi tubuh yang lebih rendah, mencari penutup kepala dan leher, dan tetap berada dan berlindung di tempat tersebut hingga gempa berhenti.

a. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam Anda. Posisi ini dapat melindungi Anda dari jatuh dan tetap memungkinkan Anda untuk bergerak jika perlu.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

b. Cari penutup kepala dan leher (dan seluruh tubuh Anda jika memungkinkan) yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berlindung di dekat Anda, bergeraklah menuju dinding bagian dalam atau di samping furnitur posisi rendah yang tidak akan menimpa Anda, dan tutupi kepala dan leher Anda dengan lengan dan tangan.

c. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung Anda jika guncangan membuatnya bergeser atau rusak.

Halaman Selanjutnya
img_title