Harta Karun yang Dikuburkan Bersama Firaun, Ada Topeng Kematian

Ilustrasi makam Firaun
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Ketika arkeolog Howard Carter dan rekan-rekannya menemukan makam Raja Tutankhamun 100 tahun yang lalu, dia melaporkan melihat hal-hal yang menakjubkan.

Dua Ular Raksasa di Makam Sunan Kalijaga Disebut Penyebab Banjir Demak, Juru Kunci Angkat Bicara

Makam Tutankhamun yang ditemukan oleh para arkeolog di Lembah Para Raja pada 4 November 1922, ditemukan penuh dengan harta karun. Beberapa artefak seperti topeng kematiannya, telah dikenal luas. 

Tetapi barang-barang lainnya seperti manekin yang mungkin telah membantu raja muda memilih apa yang akan dikenakan, kurang terkenal, padahal juga menawarkan wawasan tentang kehidupan Firaun.

Heboh! Misteri Dua Ular Raksasa Sowan ke Makam Sunan Kalijaga, Dipercaya Sebabkan Banjir Demak

Berikut adalah harta karun menarik dari makam Tutankhamun dan hal-hal yang menggambarkan tentang Firaun Mesir kuno yang ikonik 100 tahun setelah penemuan jenazahnya yang dikutip dari situs Live Science.

- Topeng Kematian

Bukan Karena Bisnis, Ini Alasan Oki Setiana Dewi dan Keluarga Minggat ke Mesir

Barang ini mungkin menjadi artefak paling terkenal yang ditemukan di makamnya. Topeng ditempatkan di wajah Tut, topeng hiasan sepanjang 21 inci (53 sentimeter), menurut Galal Ali Hassaan, seorang profesor emeritus di Departemen Desain Mekanik Universitas Kairo.

Di bagian belakang topeng kematian terdapat mantra dari Kitab Orang Mati yang ditulis dalam hieroglif. Bahan utama topeng terbuat dari emas bertatahkan batu semimulia dan pasta kaca berwarna dengan berat 22 pon (10 kilogram).

Halaman Selanjutnya
img_title