Ini Dia Pemenang Piala Dunia 2022 Pakai Metode Kecerdasan Buatan

Ilustrasi kecerdasan buatan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Piala Dunia FIFA 2022 yang lagi berlangsung di Qatar menjadi arena bertaruh tidak hanya para bandar judi, tapi juga sejumlah lembaga keuangan dunia. Motifnya jelas ingin mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari event akbar tersebut.

Tekuk Filipina 2-0, Timnas Indonesia Berhasil Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Asosiasi sepak bola dunia FIFA memperkirakan lima miliar orang menonton laga-laga yang digelar di Qatar pada tahun ini. Tapi, meramal, memprediksi atau pun menerawang siapa pemenang Piala Dunia tidaklah mudah. Sulit diprediksi.

"Kebiasaan berjudi terkait keinginan manusia demi kepuasan. Apakah itu soal duit atau sedikit kegembiraan. Bahkan, ketika tanpa uang sekali pun," kata Profesor Robert Simmons, ahli ekonomi Universitas Lancaster, Inggris, seperti dikutip dari situs BBC, Minggu, 27 November 2022.

Pengakuan Mengejutkan Pemain Timnas Irak, Sengaja Gagalkan Penalti hingga Lakukan Diving

Berikut salah satu cara meramal pemenang Piala Dunia 2022 menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), kendati hal tersebut, sekali lagi, belum tentu akurat.

Algoritma dan kecerdasan buatan adalah cara terbaru untuk memprediksi negara mana yang bakal mengangkat trofi Piala Dunia pada 18 Desember mendatang.

Kata Pelatih Irak: Indonesia Akan Lolos Bersama Kami

Metode ini ramai diperbincangkan saat diperkenalkan oleh Alan Turing Institute, pusat riset utama ilmu data dan kecerdasan buatan di Inggris.

Para ilmuwan di lembaga tersebut menjalankan 100 ribu simulasi komputer dari 64 laga selama Piala Dunia, dengan menggunakan hasil dan statistik sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title