PJI dan AWS Siapkan Pemimpin Perempuan di Dunia Kerja Teknologi

Girls Tech Day
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Data Scientist Specialists dan Machine Learning Engineers disebut merupakan dua pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia selama lima tahun terakhir. Bahkan, diproyeksikan bakal terus tumbuh di masa depan. Hal itu dari riset Linkedln Jobs on the Rise tahun 2022.

Viral Dakwah Bolehkan Tukar Pasangan Sebelum Nikah, Ini Kata Polisi

Namun sayangnya, riset lain menunjukan jika pada dua pekerjaan bidang teknologi tersebut, tingkat partisipasi perempuan dinilai sangat rendah. Sepanjang tahun 2021 hanya 33,3 persen perempuan yang dipekerjakan sebagai Data Scientist Specialist dan hanya 27,8 persen sebagai Machine Learning Engineers.

Dengan misi untuk mengurangi kesenjangan gender di dunia kerja teknologi, Amazon Web Services (AWS) InCommunities menginisiasi AWS Girls’ Tech Day, sebuah prakarsa global untuk edukasi STEAM (science, technology, engineering, arts, dan mathematics) bagi anak perempuan dan perempuan muda.

Terbongkar, Ini Sosok Pembuat Video Dakwah Bolehkan Tukar Pasangan Sebelum Nikah

Dihadirkan perdana di Indonesia pada 19 dan 26 November lalu bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), sebuah lembaga nirlaba yang fokus mempersiapkan generasi muda untuk bekerja, program ini mengedukasi, menginspirasi, dan memberdayakan 250 pelajar perempuan dari lima SMA/SMK di Jawa Barat untuk membangun minat dan karier di bidang teknologi.

Sejak diinisiasi secara global pada tahun 2018, AWS Girls’ Tech Day telah memberikan dampak bagi lebih dari 7.000 anak perempuan dan perempuan muda berusia 8-24 tahun dari 12 negara di seluruh dunia. Hadirnya program inovatif ini di Indonesia diharapkan dapat membantu menyediakan akses dan kesempatan yang setara terhadap pendidikan STEAM bagi mereka yang selama ini kurang terwakili dalam bidang studi tersebut.

Bingung Buat Undangan Digital? Di Aplikasi Canva Saja: Ini Caranya

Selain itu, program ini juga merupakan wujud komitmen AWS untuk mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dan pemimpin perempuan masa depan di bidang teknologi di Indonesia.

Girls Tech Day

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title