Pernikahan Kaesang-Erina Gunakan Proses Cethik Geni, Apa Itu?

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • unggahan Instagram @kaesangp

BANDUNG – Pernikahan Erina Gudono dengan Kaesang Pangarep bakal digelar dengan menggunakan adat Jawa. Selain siraman, salah satu tradisi yang akan dilakukan adalah Cethik Geni. Nah, Apa itu Cethik Geni? Berikut penjelasan yang dilansir dari berbagai seumber.

Nikahi Polisi Bandung, Anak Camat di Purwakarta Kaget Diberi Mahar Emas Palsu

Pengertian Prosesi Cethik Geneni

Prosesi Cethik Geneni adalah menyalakan api untuk memasak nasi pertama kali. Prosesi ini biasanya dilakukan untuk anak perempuan yang pertama kali menikah dalam keluarga.

Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK dan Hak Waris, Begini Tanggapan Kekasihnya

Biasanya pemangku hajat akan memasak dalam jumlah besar untuk menjamu semua tamu, keluarga dan panitia pernikahan selama beberapa hari. Membuat api pertama kali oleh pemangku hajat ini disebut 'Cethik Geni'.

Dalam prosesi tersebut, prosesi Adang Sepisan (masak nasi pertama) akan dilakukan oleh Iriana. Sementara, ritual 'Cethik Geni' (menyalakan api di tungku) akan dilakukan oleh Jokowi. Ritual ini memiliki makna orangtua bersama-sama memikul tanggung jawab.

Suaminya Tersandung Korupsi Rp271 T, Pernikahan Sandra Dewi di Disneyland Tokyo Kembali Disorot

Cethik Geni ini biasanya dilakukan untuk keluarga Jawa yang menikahkan anak perempuan pertamanya. Cethik Geni, lanjut Anjas, menjadi penanda jika pemilik rumah sedang mempunyai hajatan menikahkan anak perempuan pertamanya.

"Cethik Geni ini menandakan jika pemangku hajat (pemilik rumah) mau kagungan hajat mantu (menikahkan anak perempuannya)," ucap An ucap di rumah Erina kepada media.

Halaman Selanjutnya
img_title