Waspada Miss V Gatal, Ternyata Ini Penyebabnya!

Ilustrasi miss v sakit
Sumber :
  • Times of India

Bandung – Kesehatan reproduksi dan seksual wanita tidak banyak dibahas. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang menyertainya mulai dari infeksi hingga penyakit kronis. Salah satunya adalah gatal pada vagina atau vulva.

Resep Minuman Sehat dr. Zaidul Akbar untuk Buka Puasa: Atasi Pusing dan Detoksifikasi Tubuh

Dilansir dari Times of India, tidak ada satu alasan di balik mengapa alat kelamin wanita gatal. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah besar infeksi dan/atau perubahan dalam tubuh, berikut ini enam penyebab vagina gatal.

1. Bakteri Vaginosis

Buya Yahya Beri Penjelasan Soal Kematian Stevie Agnecya yang Diduga Disantet

Ketika keseimbangan alami vagina terganggu, hal itu menyebabkan bakterial vaginosis (BV). Ini ditandai dengan peradangan vagina yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri yang secara alami ditemukan di vagina, jelas Mayo Clinic.

Meskipun tidak ada penyebab pasti dari vaginosis bakteri, aktivitas tertentu, seperti hubungan seks tanpa kondom atau sering melakukan douching, dapat meningkatkan risiko infeksi pada wanita.

Benarkah Tidur saat Puasa Bisa Mendapat Pahala? Simak Penjelasan Ulama

2. Infeksi Jamur

Infeksi ragi adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh kandidiasis vagina. Ini menyebabkan gejala seperti iritasi, keluarnya cairan dan rasa gatal yang hebat pada vagina dan vulva. Meskipun infeksi jamur bukanlah infeksi menular seksual (IMS), risikonya dapat meningkat karena sering melakukan aktivitas seksual.

Halaman Selanjutnya
img_title