Berbeda dengan Mother's Day, Ini Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Ilustrasi mothers day
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Hari ibu diperingati tanggal 22 Desember di Indonesia pada setiap tahunnya. Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah hari ibu bisa tercetuskan dan diperingati pada setiap tahunnya? Pada kali ini akan diulas mengenai sejarah hari ibu di Indonesia.

Megawati Red Sparks Cetak Sejarah Baru, Pertama Kali Menuju Playoff Meski Gagal Final

Sejarah Hari Ibu

Melansir dari laman Kemenpppa, dasar dari peringatan hari ibu tersebut adalah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 yang bertepatan juga dengan ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia. 

Pertama dalam Sejarah, Megawati Bawa Red Sparks Menuju Babak Playoff V-League dalam 7 Tahun Terkahir

Tanggal 22 Desember dipilih sebagai peringatan hari ibu dengan mengacu pada hari pertama Kongres Perempuan Indonesia Pertama, yaitu 22 Desember 1928. Hari ibu adalah sebuah momen peringatan bagi pergerakan perempuan Indonesia yang ditandai dengan adanya Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Untuk mengukuhkan semangat dan tekad bersama dalam mendorong kemerdekaan Indonesia, kongres tersebut menjadi tonggak bagi kaum perempuan.

Red Sparks Kalah, Megawati Jadi Sejarah Baru di Tim Korea selama 7 Tahun Terakhir

Berbeda dengan Mother's Day

Perlu diketahui bahwa Peringatan Hari Ibu dan perayaan Mother’s Day berbeda. Hal itu biasanya yang kurang dipahami oleh masyarakat bahwa hari ibu di Indonesia bukanlah Mother’s Day seperti yang dirayakan di negara lain.

Halaman Selanjutnya
img_title