Mengenal Sosok Syekh Mudzakir Demak, Makamnya Tetap Kokoh Meski Diterjang Ombak

Makam Syekh Mudzakir Demak
Sumber :

BANDUNG – Banyak kisah yang sangat menginspirasi dan bisa menjadi pelajaran bagi kita umat Muslim dari Tanah Jawa, tepatnya di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Demak merupakan salah satu kota para wali, pasalnya terdapat banyak wali Allah yang telah dimakamkan di Demak ini. 

Dua Ular Raksasa di Makam Sunan Kalijaga Disebut Penyebab Banjir Demak, Juru Kunci Angkat Bicara

Sebut saja satu di antaranya terdapat makam Syekh Mudzakir. Mungkin tidak semua umat Muslim mengenali sosoknya yang luar biasa, namun tak ada salahnya untuk kita lebih mencari tahu tentang wali Allah satu ini. Daripada penasaran, simak selengkapnya ulasan berikut ini.

Siapa Syekh Abullah Mudzakir?

Heboh! Misteri Dua Ular Raksasa Sowan ke Makam Sunan Kalijaga, Dipercaya Sebabkan Banjir Demak

Melansir dari laman resmi demakkab.go.id, Nama Syekh Abdullah Mudzakkir rupanya sudah cukup dikenal oleh kalangan santri di wilayah Demak dan sekitarnya. Syekh Abdullah Mudzakkir atau yang akrab dipanggil dengan Mbah Mudzakkir ini ternyata merupakan salah satu ulama besar yang berhasil menyiarkan agama Islam di sebuah kawasan Pantai Sayung, Demak. 

Ulama besar satu ini merupakan kelahiran Dusun Jago, Desa Wringinjajar, Kecamatan Mranggen tahun 1869. Sosok Syekh Abdullah Mudzakkir ini tidak hanya dikenal karena berhasil menyiarkan Islam, namun juga dikenal sebagai pencetak kader para kiai muda di Demak dan sekitarnya.

Psikolog Kritik Gus Miftah Soal Etika Saat Makan Bersama Para Pejabat: Kurang Beradabb

Banyak perjalanan yang sudah dilewati oleh ulama besar satu ini, seperti salah satunya banyak berguru dengan berbagai ulama dari macam-macam daerah, seperti salah satunya Syekh Soleh Darat.

Banyak mempelajari ilmu agama Islam di berbagai daerah membuatnya pernah menetap di Tambaksari, Bedono. Menurut sumber demakkab.go.id, saat dirinya menetap di Tambaksari, Bedono sang ulama besar tersebut berhasil menikahi dua wanita yang bernama Nyai Latifah dan Nyai Asmara.

Halaman Selanjutnya
img_title