Santri Ma'had Aly Banjir Kesempatan 5.915 Formasi CPNS Kemenag

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • kemenag.go.id

VIVABandung – Kabar gembira bagi para santri Ma'had Aly! Kementerian Agama (Kemenag) membuka peluang emas dalam seleksi CPNS 2024. Dari total 20.772 formasi yang tersedia sebanyak 5.915 di antaranya dikhususkan untuk lulusan Ma'had Aly. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta pada Sabtu (31/8/2024).

Khutbah Idul Adha 2024 Teks Singkat NU Muhammadiyah, Link Download PDF di Sini

Menurut Menag Yaqut ini merupakan langkah bersejarah karena baru pertama kali dilakukan. Beliau menegaskan komitmen Kemenag untuk memberikan akses kepada santri Ma'had Aly dalam seleksi CPNS. Jumlah formasi yang disediakan mencapai lebih dari 25% dari total formasi CPNS Kemenag tahun ini.

Sekretaris Jenderal Kemenag M Ali Ramdhani merinci formasi yang disiapkan bagi lulusan Ma'had Aly. Terdapat 3.714 formasi Penghulu 1.398 formasi Penyuluh Agama Islam 12 Guru Ilmu Tafsir 686 Pengawas Jaminan Produk Halal (PJPH) 71 Pentasih Al-Qur'an dan 34 formasi Pengembang Tafsir Al-Qur'an.

Daftar Kampus Swasta Penghasil PNS Terbanyak di Indonesia

Pendaftaran seleksi CPNS Kementerian Agama dibuka mulai 1 hingga 14 September 2024. Bagi para santri Ma'had Aly yang berminat dapat mendaftar secara online dengan membuat akun melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Tok! Pemerintah Umumkan Idul Adha 1445 H Bertepatan Hari Senin 17 Juni 2024

Selain membuka peluang bagi lulusan Ma'had Aly Kemenag juga menyediakan formasi khusus lainnya. Terdapat 418 formasi untuk penyandang disabilitas 559 formasi untuk putra dan putri Papua 1.040 formasi bagi putra dan putri Kalimantan serta 138 formasi bagi lulusan terbaik atau cumlaude.

Dengan dibukanya kesempatan ini diharapkan para santri Ma'had Aly dapat berkontribusi dalam memajukan Kementerian Agama dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jangan lewatkan kesempatan emas ini dan segera persiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS Kemenag 2024!