Tahukah Kamu? Munculnya Teknologi Wifi, Bluetooth dan GPS Berkat Wanita Cantik Ini

Hedy Lamar
Sumber :
  • Flickr

BANDUNG – Hedy Lamarr adalah seorang aktris dan penemu Austria-Amerika, memelopori teknologi yang menjadi dasar sistem komunikasi WiFi, GPS, dan Bluetooth. Mempunyai nama asli Hedwig Eva Kiesler, dia lahir di Wina, Austria pada 9 November 1914 dari sebuah keluarga Yahudi kaya. 

Alasan KPU Berhenti Tayangkan Grafik Real Count di Sirekap

Sebagai anak tunggal, Lamarr mendapat banyak perhatian dari ayahnya, seorang direktur bank dan pria yang mempunyai rasa ingin tahu, yang menginspirasi Lamarr untuk melihat dunia dengan mata terbuka. 

Ayahnya itu sering mengajak Lamarr berjalan-jalan di mana dia akan mendiskusikan cara kerja mesin yang berbeda, seperti mesin cetak atau mobil jalanan. Percakapan ini memandu pemikiran Lamarr dan pada usia 5 tahun, dia ditemukan sedang membongkar dan memasang kembali kotak musiknya untuk memahami bagaimana mesin itu beroperasi. 

Lupa Kata Sandi Instagram? Gak Usah Panik, Begini Cara Mengatasinya

Sementara itu, ibu Lamarr adalah seorang pianis konser yang memperkenalkannya pada seni, menempatkannya dalam pelajaran balet dan piano sejak usia muda.

Sayangnya pikiran brilian Lamarr diabaikan dan kecantikannya menjadi pusat perhatian ketika dia ditemukan oleh sutradara Max Reinhardt pada usia 16 tahun, menurut situs Women History, Selasa, 31 Januari 2023.

Nomer Kalian Hangus? Ini 4 Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

Dia belajar akting dengan Reinhardt di Berlin dan dalam peran film kecil pertamanya pada tahun 1930, sebuah film Jerman berjudul Geld auf der Stra Be (Money on the Street). Namun, baru pada tahun 1932 Lamarr mendapatkan pengakuan nama sebagai aktris untuk perannya dalam film kontroversial, Ecstasy.

Pedagang amunisi Austria, Fritz Mandl, menjadi salah satu pengagum Lamarr ketika dia melihatnya dalam drama Sissy. Lamarr dan Mandl kemudian menikah pada tahun 1933, namun tidak dalam waktu lama.

Halaman Selanjutnya
img_title