Tahukah Kamu? Ini Alasan Mengapa Kucing Sering Menjilati Dirinya Sendiri

Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Mungkin kamu sering melihat kucing peliharaan suka menjilati bulu atau tubuhnya sendiri. Hal itu ternyata memang normal lantaran kucing dapat menghabiskan sebanyak 50% dari waktunya saat terbangun untuk merawat dirinya sendiri (atau kucing lain).

Oleh karena itu, kucing bisa disebut sebagai hewan yang sangat bersih. Namun, tak selalu hanya untuk membersihkan tubuhnya, ternyata kucing yang kerap menjilati tubuhnya juga memiliki alasan lain. Apa itu? Simak penjelasannya berikut ini tentang mengapa kucing menjilati tubuhnya yang dilansir dari The Spruce Pets.

1. Membersihkan Tubuh

Pekerjaan pertama dari induk kucing setelah melahirkan adalah mengeluarkan kantung ketuban. Sehingga saat lahir, induk kucing akan menjilat anak kucing dengan lidahnya yang kasar untuk membantu merangsang pernapasannya.

Nantinya, saat anak kucing mulai menyusu, mereka akan merangsang anak kucing tersebut untuk buang air kecil dan besar dengan cara menjilati ujung belakangnya. Kemudian anak kucing akan meniru induknya, mereka mulai membersihkan diri sendiri saat  sudah berusia beberapa minggu. Mereka juga akan cenderung saling menjilat dan membersihkan satu sama lain.

2. Membersihkan Luka

Secara naluriah kucing akan menjilati area tubuhnya yang sakit atau meradang, termasuk luka. Meskipun pada awalnya mungkin terlihat membantu kucing untuk membersihkan kotoran dan darah, namun kucing yang menjilati tubuhnya secara berlebihan dapat menyebabkan infeksi dan menghambat penyembuhan luka.

Halaman Selanjutnya
img_title