BMKG Jelaskan Soal Awan Ufo di Jayapura yang Muncul Usai Gempa

Awan mirip Ufo di Jayapura
Sumber :
  • FB

VIVA BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jayapura angkat suara terkait beredarnya foto di media sosial yang memperlihatkan awan yang berbentuk seperti Ufo di langit kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Dalam narasi yang beredar, masyarakat mengaitkan foto awan Ufo itu dengan kejadian gempa bumi yang baru-baru ini mengguncang Jayapura.

Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek mengatakan awan berbentuk Ufo itu dikenal dengan awan Lenticularis. Awan Lenticularis berbentuk mirip seperti lensa atau piring. 

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 25 April 2024

"Awan ini terbentuk karena angin yang berhembus sejajar permukaan bumi mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan sehingga membuat arus udara bergerak naik secara vertikal," kata Yustus Rumakiek dalam keterangan persnya, Sabtu, 11 Februari 2023.

Jika udara naik dan mengandung banyak uap air serta bersifat stabil, maka saat mencapai suhu titik embun di puncak gunung, uap air tersebut akan mulai berkondensasi menjadi awan mengikuti kontur puncak gunung.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Lebih lanjut, Rumakiek menjelaskan, awan ini mengindikasikan adanya aliran udara tidak beraturan (turbulensi) yang kuat di lapisan atmosfer sehingga sangat berbahaya bagi penerbangan.

"Awan ini terbentuk murni fenomena meteorologis (cuaca) dan tidak ada kaitannya dengan gempa bumi seperti yang beredar di masyarakat saat  ini juga bukan fenomena baru yang muncul sekali ini saja di wilayah Jayapura," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title