Tips Dokter Cegah Anak Terjangkit Hepatitis Akut Secara Dini

Ilustrasi Hepatitis
Sumber :
  • VIVA.co.id

BANDUNG - Penyakit Hepatitis akut misterius tengah mengancam di berbagai Negara termasuk di Indonesia  mengintai anak - anak. Di Inggris, kasusnya cenderung menjangkit anak usia lima tahun dan di bawah 10 tahun hingga memicu kekhawatiran orangtua.

Waspada! Begini Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Ketua UKK Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. dr. Muzal Kazim SpA(K), menilai, gejala hepatitis akut kerap terjadi pada saluran pencernaan berupa diare, muntah, mual dan sakit perut. Serupa dengan kondisi anak yang mengalami mencret atau muntaber. Maka, pertolongan pertama di rumah juga tak jauh berbeda.

"Secara umum pada anak dengan diare dan muntah. Pertama jika ada demam, bisa berikan obat penurunan demam parasetamol. Kalau muntah cukup sering, bisa diberikan obat untuk anti-muntah," ujarnya dilansir dari VIVA.co.id, Sabtu 7 Mei 2022.

Menkes Belum Bisa Pastikan Penyebab Penyakit Hepatitis Akut Pada Anak

Para orangtua diimbau mempersiapkan dua jenis obat tersebut agar kondisi anak bisa diatasi secara dini. Tidak hanya itu, ianjurkan juga untuk tetap menghidrasi tubuh anak dengan minum sedikit demi sedikit dan jangan biarkan tubuh anak tanpa cairan dalam waktu lama.

"Tetap cairan agar tidak dehidrasi. Walau muntah berikan air sedikit-sedikit. Muntah dengan pemberian 1 sendok, beri jeda dulu untuk berikan air. Jangan puasakan dalam waktu lama. Justru tetap berikan karena kadang disertai diare juga, jadi makin mudah terjadi dehidrasi," katanya.

Jangan Panik Fenomena Hepatitis Akut, Ridwan Kamil: Negara Siap Atasi

Kemudian, para orangtua disarankan tak mengonsumsi makanan yang merangsang mual. Dokter Muzal menerangkan, sebaiknya anak diberi jenis makanan yang membuatnya menjadi nafsu makan.

"Makanan-makanan tertentu yang merangsang mual dan muntah seperti mi instan. Kadang menyebabkan mual mutnah. Makanan-makanan pedas, banyak bumbu sering sebabkan mual dan muntah. Makanan manis dianjurkan. Tapi secara umum tidak ada pantangan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title