Bayi Obesitas di Bekasi Alami Kelainan Geneti, Disebut Kasus Langka

Bayi obesitas, Kenz
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA BandungBayi obesitas berusia satu tahun asal Bekasi bernama Muhammad Kenzi Alfaro saat ini tengah ditempatkan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Direktur RSCM, dr Lies Dina Liastuti, mengatakan bahwa kondisi bayi tersebut masih dalam pemeriksaan lantaran adanya dugaan kelainan genetik hingga beratnya mencapai 27 kg.

Sidang Kasus Ibu Norma Risma, Akui Berzina di Kamar dengan Menantu

Lies menyebutkan bahwa pemeriksaan pada bayi Kenzi masih berlangsung untuk memastikan penyebab kelebihan berat badannya, baik itu riwayat penyakit atau penyebab lainnya. Sebab, kasus bayi Kenzi ini terbilang cukup langka di Indonesia dan dunia.

"Kenzi masih diperiksa, kan kasusnya langka, jadi nggak mudah untuk mencari penyebabnya. Bukan hanya karena pola makan tapi karena masalah faktor genetika, masalah nutrisi, dan itu nggak banyak kan case-nya," terangnya di RSCM, Jakarta, Jumat 3 Maret 2023.

Terbaru Kasus Al-Zaytun, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara

Terlebih, Lies sendiri belum mendapatkan diagnosis pasti mengenai tipe obesitas pada bayi Kenzi karena masih butuh hasil laboratorium. Namun, dari dugaan awal para dokter, ada kelainan genetika yang berperan terhadap penyakit kelebihan berat badannya.

"Obesitas itu lagi dicek kan, itu kan obesitasnya kan tidak biasa. Kalau anak gemuk kebanyakan makan kan biasa ya, ini kan bukan karena kebanyakan makan tapi ada suatu kelainan bawaan genetika," tambah Lies.

Meski Alami Keguguran, Kiky Saputri Ngaku Kuat Karena Support dari Sosok Ini

Lies menyebutkan bahwa penanganan pada bayi Kenzi dibutuhkan tim dokter yang tepat dari berbagai divisi. Berbeda dengan kasus obesitas biasa yang hanya melibatkan dokter gizi, pada kasus bayi Kenzi butuh keterlibatan divisi penyakit langka, dokter spesialis anak, serta dokter spesialis gizi.

"Dari divisi penyakit langka masih berkolaborasi untuk mengetahui penyebabnya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title