Tips Aman Puasa di Bulan Ramadhan Untuk Ibu Hamil, Bumil Yuk Merapat!

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Setiap muslim wajid menjalakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, termasuk ibu hamil (Bumil), panduan puasa untuk bumil tentu berbeda, jangan takut nutrisi yang didapat janin dalam kandungan berkurang dan perkembangannya terganggu, selama berpuasa.

Viral! Seorang Wanita Curhat Janinnya Tiba-Tiba Hilang Saat Hamil 4 Bulan, Ini Penjelasan Medis

Meskipun sebenarnya, Bumil tidak diwajibkan untuk tetap berpuasa di bulan Ramadhan karena dapat mengganti puasa di waktu lain atau dalam bentuk sedekah. Namun, jika Bumil dalam kondisi fit atau sehat, puasa saat hamil umumnya aman untuk dilakukan.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu Bumil perhatikan agar puasa dapat berjalan lancar dan bayi dalam kandungan tetap sehat.

Laksanakan Tarawih Tapi Belum Sholat Isya, Bagaimana Hukumnya?

Dilansir dari Alodokter.com, berikut panduan berpuasa Ramadhan dengan aman untuk Bumil

Keamanan Puasa dan Pengaruh terhadap Bayi dalam Kandungan

Buya Yahya Ungkap Tanda-tanda Orang yang dapat Malam Lailatul Qadar

Puasa saat hamil umumnya aman untuk dilakukan, tapi Bumil disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan sebelum melakukannya. Pasalnya, apabila Bumil menderita gangguan kesehatan tertentu, seperti anemia atau diabetes gestasional, Bumil perlu untuk mendapatkan persetujuan dari dokter agar puasa aman untuk dilakukan.

Jika dokter memberikan “lampu hijau”, Bumil dapat berpuasa sesuai dengan anjurannya. Umumnya puasa tidak akan membawa efek negatif kepada janin asalkan kebutuhan kalori, nutrisi, dan cairan tercukupi dengan baik. Perubahan keseimbangan kimia dalam darah saat puasa umumnya juga tidak membahayakan janin.

Halaman Selanjutnya
img_title