17 Ucapan Hari Lahir Pancasila, Bisa untuk Caption di Media Sosial

Peringatan Hari Pancasila
Sumber :
  • VIVA Group

Viva Bandung –Hari lahir Pancasila dirayakan setiap tanggal 1 Juni di Indonesia. Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Hari lahir Pancasila ditetapkan sebagai peringatan untuk menghormati dan memperingati pembentukan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Selain Syafiq Basalamah, Berikut Deretan Penceramah yang Pernah Ditolak GP Ansor

Lantas, apa sajakah ucapan hari lahir Pancasila yang cocok untuk update di media sosial? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Real Count KPU Nasional Capai 74%, Kemungkinan Dua Putaran Masih Terbuka Lebar

Pancasila lahir sebagai hasil dari perumusan yang dilakukan oleh para pendiri bangsa Indonesia, yang dipimpin oleh Bung Karno (Ir. Soekarno) dan Bung Hatta (Dr. Mohammad Hatta). Proses perumusan Pancasila dimulai pada tanggal 1 Juni 1945, dalam sebuah sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diadakan di Gedung Jawa Hokokai, Jakarta. Sidang tersebut bertujuan untuk menentukan dasar negara Indonesia yang akan diterapkan setelah kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Pada tanggal 1 Juni 1945, terjadi diskusi dan perdebatan yang panjang di antara para anggota BPUPKI untuk merumuskan nilai-nilai dasar yang akan membentuk negara Indonesia yang baru. Akhirnya, hasil kesepakatan yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terwujud dalam Pancasila. Nama "Pancasila" sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "lima prinsip" atau "lima dasar".

Perayaan Hari Guru di Bekasi Berujung Petaka, Balon Gas Penyababnya

Sejak saat itu, Pancasila menjadi dasar ideologi negara Indonesia dan mengemban nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari lahir Pancasila menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan dan semangat para pendiri bangsa Indonesia dalam membangun negara yang berlandaskan Pancasila.

Ucapan Hari Pancasila

Halaman Selanjutnya
img_title