Tolok Ukur Muslim yang Dianggap Mampu Berkurban ketik Iduladha

Ilustrasi Hewan Kurban
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung – Kurban adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam atau sunnah muakkad. Dengan melaksanakan kurban, seseorang membuktikan keimanannya kepada Allah, seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

Ribut Soal Sapi Kurban, Saipul Jamil Bongkar Tabiat Asli Dewi Perssik: Wataknya…..

Rasulullah SAW dalam hadisnya yang masyhur disebutkan bahwa tidak ada ibadah yang disenangi oleh Allah pada hari raya IdulAdha selain berkurban. 

“Tidak ada amalan yang dilakukan oleh manusia pada hari raya kurban, yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan (berkurban). Sesungguhnya, hewan kurban itu pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Dan sungguh, sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Karenanya, lapangkanlah jiwa kalian untuk melakukannya.” (HR at-Tirmidzi).

Resep Jus Sirsak untuk Cegah Darah Tinggi Setelah Makan Daging Kambing

Mengutip laman Nahdlatul Ulama, Rabu, 28 Juni 2023, Syekh Abdurrahman as-Shafuri asy-Syafi’I dalam bukunya menjelaskan bahwa suatu saat Nabi Daud pernah bertanya kepada Allah perihal pahala atau balasan yang akan didapatkan oleh umat Nabi Muhammad yang berkurban.

Menjawab pertanyaan itu, Allah SWT berfirman: “Pahalanya adalah bahwa pada setiap bulu dari hewan kurbannya, aku beri dia sepuluh kebaikan, aku hapus sepuluh dosa-dosanya dan aku angkat dia dengan sepuluh derajat. Ketahuilah wahai engkau Daud, bahwa sesungguhnya hewan kurban itu adalah kendaraan dan sungguh hewan kurban itu adalah penghapus kesalahan-kesalahan.” (buku Nuzhatul Majalis wa Muntakhabu an-Nafais, juz I, halaman 229).

Puluhan Warga di Surabaya Keracunan Usai Makan Olahan Daging Kurban

Namun karena faktor finansaial dan kebutuhan setiap orang berbeda, banyak umat Islam yang terkadang tidak berkurban. 

Rasulullah SAW dalam salah satu hadisnya mengancam orang-orang yang mampu untuk berkurban namun lalai dalam menunaikannya untuk tidak mendekati tempat shalat hari raya Idul Adha. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat Abu Hurairah berikut: “Siapa saja yang memiliki kemampuan (keluasan rizki), kemudian ia tidak berkurban, maka jangan dekati tempat shalat kami (shalat Idul Adha).

Halaman Selanjutnya
img_title