Kabar Bahagia Buat Mahasiswa, Nadiem Makarim Sebut Tak Wajibkan Skripsi

Nadiem Makarim
Sumber :

Viva Bandung – Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), buka suara soal skripsi yang terkadang memberatkan mahasiswa. Baru-baru ini, dirinya mengatakan jika mahasiswa tidak perlu skripsi.

IMM Stikes Muhammadiyah Cirebon Gelar DAD Akbar

Nadiem Makarim pun mengajukan opsi lainnya untuk menentukan kelulusan. Yuk intip pernyataan dari Mendikbudristek di bawah ini.

Pembahasan Soal Skripsi

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Bey Machmudin Gaungkan Merdeka Belajar di Jawa Barat

Nadiem Makarim selaku Mendikbudristek menyatakan jika skripsi harusnya bukan menjadi syarat lulus mahasiswa. Terlebih dengan banyaknya program studi yang ada.

"Kalau kita ingin menunjukan kompetensi dalam bidang yang technical, apakah penulisan karya ilmiah yang di-publish secara scientific itu adalah cara yang tepat untuk mengukur kompetensi dia dalam technical skill itu?," ungkap Nadiem Makarim, dilansir dari kanal YouTube KEMENDIKBUD RI pada 30 Agustus 2023.

Profil Chandrika Chika, Selebgram Cantik yang Terjerat Kasus Narkoba

Menurutnya, setiap program studi punya kebebasan sendiri untuk menentukan untuk kompetensi standar lulus setiap mahasiswanya. Nadiem Makarim juga membebaskan setiap universitas untuk implementasi teori dan praktek untuk mahasiswanya yang jadi standar untuk lulus.

“Harusnya bukan Kemendikbud Ristek yang menentukan, harusnya setiap kepala prodi punya kemerdekaan untuk menentukan gimana caranya mereka mengukur standar kelulusan pencapaian mereka," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
img_title