5 Rekomendasi Film Anime Sedih dan Menyentuh Hati

Film Anime
Sumber :
  • Intipseleb

Bandung –Studio Ghibli menghadirkan berbagai film anime dengan berbagai genre, mulai dari petualangan, romance, fantasi, hingga drama. Banyak film Ghibli yang menyuguhkan kisah sedih dan mampu menyentuh hati penontonnya.

1. Princess Mononoke
Princess Mononoke menjadi salah satu film paling ikonik dan berkesan dari Studio Ghibli. Menggambarkan perjalanan seorang pangeran muda Emishi yang mendapati dirinya berada di tengah perang antara dewa-dewa hutan dan manusia yang menguras sumber daya hutan.
Apa yang membuat film tahun 1997 ini sangat tak terlupakan dan menyayat hati adalah cara film tersebut menggambarkan persaingan antara manusia dan alam, serta menyoroti bagaimana manusia tidak dapat hidup berdampingan dengan alam, namun pada akhirnya selalu menjadi serakah dan merusak alam.

2. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984)
Mirip dengan Princess Mononoke, film yang dieksekusi dengan sempurna oleh Hayao Miyazaki ini, masih dianggap sebagai masterpiece dalam dunia perfilman anime hingga hari ini.
Film ini menyampaikan pesan lingkungan yang kuat dengan menggambarkan seorang pejuang yang berusaha mencegah dua bangsa yang berperang, agar tidak saling menghancurkan diri dan planet mereka yang sekarat.

3. Grave of Fireflies (1988)
Tak dapat dipungkiri bahwa Grave of the Fireflies merupakan salah satu film anime Ghibli yang paling menghancurkan hati.
Film ini mengangkat topik sensitif berupa perang dengan menggambarkan dua saudara kandung yang menjadi yatim piatu akibat kekacauan perang tersebut. Mereka berusaha bertahan selama bulan-bulan pada masa Perang Dunia II.
Menggambarkan kehilangan, kepolosan dan hubungan keluarga, film yang tak terlupakan ini pasti akan membuat penonton butuh banyak tisu.
Film ini didasarkan pada cerita pendek semi-autobiografi oleh penulis Jepang Akiyuki Nosaka dan pengalamannya sendiri sebelum, selama, dan setelah pengeboman berapi-api di Kobe pada tahun 1945.

4. The Tale of Princess Kaguya (2013)
The Tale of Princess Kaguya adalah kisah keluarga yang memikat yang menceritakan kisah menarik seorang gadis kecil yang ditemukan dalam batang bambu oleh seorang tukang bambu tua dan istrinya.
Gadis itu tumbuh dengan cepat dan menjadi seorang wanita muda yang cantik. Akhirnya, lima pria dari keluarga terkemuka mengajaknya menikah, tetapi mereka gagal membuatnya terkesan. Sementara itu, Kaisar Jepang juga mengajaknya menikah.

5. The Wind Rises (2013)
Setelah bertahun-tahun bermimpi untuk menciptakan pesawat impian dan terinspirasi oleh desainer aeronautika Italia, Caproni, seorang insinyur yang terobsesi dengan penerbangan bernama Jirô Horikoshi akhirnya berhasil memenuhi ambisinya.
Namun, dunianya hancur ketika dia mengetahui bahwa ciptaannya yang berharga akan digunakan untuk pertempuran dalam Perang Dunia II.

Reaksi Boy William Usai Disebut Galau karena Ayu Ting Ting Dilamar Muhammad Fardhana


Melodrama sejarah karya Miyazaki ini sangat memukau dengan premis yang menggugah. Film ini tidak hanya memunculkan emosi kuat pada penonton tetapi juga mendorong mereka untuk merenungkan masa lalu dan masa sekarang.