Nikmati Sensasinya! Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • Pixabay

Viva Bandung – Aktivitas setiap hari rasanya kurang lengkap jika tidak diawali dengan minum kopi. Kandungan kafein di dalam kopi dipercaya dapat menghilangkan ngantuk dan meningkatkan energi agar selalu semangat menjalani aktivitas sepanjang hari.

Usai Unggah Foto Starbucks di Mekkah, Zita Anjani Malah Tantang Balik Masyarakat Soal Ini

Ilustrasi bubuk kopi

Photo :
  • Pixabay

Dalam dosis yang cukup, kafein sangat bermanfaat bagi manusia, tidak hanya memberi dorongan harian yang menyenangkan, namun juga sebagai pengobatan medis dan banyak manfaat dari segi kesehatan. “Ini adalah molekul yang serbaguna dan memiliki banyak efek farmakologis,” kata Treasure McGuire, ahli farmakologi di Mater Health dan Bond University, melansir laman ABC, Rabu 20 September 2023.

Asam Lambung Naik Saat Puasa? Tenang, Atasi dengan 5 Tips Jitu Ini

Kafein juga merupakan stimulan yang membuat manusia lebih waspada dan fokus. Selain membuka saluran udara, hal ini juga meningkatkan metabolisme, detak jantung, dan tekanan darah. Karena semua alasan ini, kafein di dalam secangkir kopi juga digunakan sebagai obat peningkat performa dalam olahraga.

Ilustrasi kopi

Photo :
  • Pixabay
Resep Kopi dan Pisang Ala Zaidul Akabar Biar Jadi Pembakar Lemak Cocok Untuk Diet Bapak

“Kafein memungkinkan atlet untuk berlatih lebih keras dan mengatsi kinerja dengan lebih baik. Ini mengurangi upaya yang Anda lakukan untuk bekerja,” kata Evangeline Mantzioris, ahli gizi dan ahli diet olahraga di University of South Australia. Lebih lanjut, ternyata ada waktu yang paling baik untuk minum kopi setiap harinya. Dipercaya secara luas bahwa menunda kopi pagi hingga sekitar 90 hingga 120 menit setelah bangun tidur adalah ide yang bagus.

Alasannya adalah kortisol yakni hormon yang membantu menstimulasi tubuh di pagi hari, meningkat di pagi hari namun menurun seiring berjalannya pagi. “Teorinya adalah kortisol membawa Anda melewati beberapa jam pertama setelah Anda bangun,” kata Dr Mantzioris.

Halaman Selanjutnya
img_title