Akhmad Sobirin Inisiator Gula Semut Semedo yang Mendunia

Akhmad Sobirin
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Seorang pria muda asal Samedo, wilayah Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas menjadi penerima penghargaan SATU Indonesia Awards pada tahun 2016.

Intip Peluang Timnas Indonesia Tampil di Olimpiade Dunia Pasca Piala Asia U-23

Dengan bantuan dari Astra, Sobirin telah menerima penghargaan karena berhasil mencapai perkembangan yang inovatif dalam usaha penggilingan gula semut menggunakan kelompok usaha bersama (KUBE) Manggar Jaya. Hal ini mendorong Sobirin untuk terus berupaya memberikan manfaat yang lebih besar kepada petani lainnya.

Akhmad Sobirin

Photo :
  • Istimewa
Lolos ke Perempat Final, Mungkinkah Timnas Indonesia U-23 Bisa Berlaga di Olimpiade Paris 2024?

Pada awalnya, dia melatih 25 individu pada tahun 2012, kemudian meningkat menjadi 150 orang saat meraih penghargaan pada tahun 2016, dan tahun ini bertujuan untuk mencapai 700 orang.

"Setiap blok desa, terdiri 1 sampai 2 RT saya buat kelompok tani untuk memudahkan pembinaan, bahkan mulai membina petani di dua desa tetangga," katanya.

Rangkuman Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Klub Serie A hingga Premier League

Kelompok tani itulah yang akan didorong menciptakan variasi usaha seperti memproduksi jahe merah, kapulaga, kunyit, sereh untuk bahan baku gula rempah, kemudian mengembangkan peternakan sapi dan domba sekaligus produksi pupuk kandang. Serta pengembangan budidaya perikanan air tawar. 

"Saat ini baru ada dua ekor sapi dan 25 ekor kambing, dan akan terus ditambah di beberapa kelompok tani," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title