Ternyata Ini Penyebab Utama Kanker Ganas dengan Kematian dalam Hitungan Bulan, Perokok Wajib Tahu

Ilustrasi kanker
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Bandung Kanker paru-paru merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, baik pada pria maupun wanita. Seringkali, kanker paru-paru baru terdeteksi pada stadium lanjut di rumah sakit, ketika penanganannya sudah terlambat.

Buya Yahya Komentari Soal Kematian Stevie Agnecya yang Diduga Kena Santet

Ilustrasi rokok elektrik atau vape

Photo :
  • Pixabay

Salah satu jenis kanker paru-paru adalah small cell lung cancer. Menurut Dr.dr. Andhika Rachman, Sp.PD-KHOM, seorang spesialis hematologi onkologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, kasus kanker paru-paru sel kecil ini mencapai sekitar 15 persen.

Temukan Banyak Jarum di Tubuh Selebgram Stevie Agnecya, Paranormal Dayak: Kena Sihir!

Jumlah kasus kanker paru-paru sel kecil ini rendah karena pasien datang ke rumah sakit ketika sudah dalam stadium lanjut. Bahkan, mereka hanya dapat bertahan hidup dalam hitungan bulan.

"Small cell kanker ini jenis kanker yang kecil. Banyak di Indonesia cuman keburu meninggal, datang itu sudah dalam stadium lanjut, sudah ada metasis di otak, di liver. Ini hidupnya tidak lama, hidupnya dalam hitungan bulan," kata dia dalam press conference peluncuran Serplulimab Kalbe, di JS Luwansa Jakarta Selatan, Sabtu 9 Maret 2024.

Kematian Stevie Agnecya Diduga Kena Santet, Nyai Dewi Rantian Benarkan Fakta Ini

Lebih lanjut, Andika mengungkapkan bahwa faktor utama penyebab kanker paru-paru sel kecil ini adalah riwayat penggunaan tembakau dalam jangka waktu yang lama, terutama rokok.

Bahkan, tidak hanya rokok konvensional, rokok elektrik juga dikaitkan dengan penyakit ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title