Batal Puasa Jika Mimpi Basah? Ini Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Mimpi basah terjadi ketika air mani dikeluarkan secara tidak disengaja saat tidur, karena testis dan salurannya berisi sperma secara penuh. Mimpi basah juga dikenal sebagai ejakulasi spontan pada saat tidur. Mimpi basah adalah mekanisme alami di mana tubuh membuang kelebihan sperma secara teratur.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Banyak pria mengalami mimpi basah bahkan saat mereka sedang bangun di siang hari. Sampai saat ini, masih bisa terjadi bahwa seseorang mengalami mimpi basah pada siang hari selama bulan Ramadhan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa mimpi basah saat berpuasa bisa mengakibatkan pembatalan puasa. Apakah hal tersebut sungguh benar.

Bagi-bagi THR Lebaran Tapi Belum Bayar Hutang? Begini Hukumnya Kata Buya Yahya

Mengenai masalah tersebut, Buya Yahya memberikan pernyataannya. Dalam video YouTube Buya Yahya, seorang cendekiawan agama dari Cirebon menjelaskan bahwa terjadinya mimpi basah tidak mengakibatkan batalnya puasa. Bagaimana bisa hal itu terjadi. Berikut adalah penjelasannya.

Buya Yahya

Photo :
  • Viva.co.id
Zara Anak Ridwan Kamil Pilih Lepas Hijab, Buya Yahya Tegaskan Hal Ini: Haram

“Dibahas dalam mazhab masalah air mani mimpi basah tidak membatalkan puasa,” kata Buya Yahya.

Selanjutnya, ketika membahas mengenai ejakulasi air mani yang terjadi selama mimpi basah. Menurut beberapa pandangan agama seperti yang dikemukakan oleh Imam Syafii dan Imam Hambali, air mani dianggap sebagai sesuatu yang suci.

Halaman Selanjutnya
img_title