Keluar Sperma saat Tidur Bisa Batalkan Puasa? Buya Yahya Beri Penjelasan

Buya Yahya jelaskan hukum mandi dan keramas siang hari
Sumber :
  • YouTube Al-Bahjah TV

Bandung – Banyak pria mengalami mimpi basah bahkan saat mereka sedang bangun di siang hari. Sampai saat ini, masih bisa terjadi bahwa seseorang mengalami mimpi basah pada siang hari selama bulan Ramadhan.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Banyak orang yang berpendapat bahwa mimpi basah saat berpuasa bisa mengakibatkan pembatalan puasa. Apakah hal tersebut sungguh benar.

Mengenai masalah tersebut, Buya Yahya memberikan pernyataannya. Dalam video YouTube Buya Yahya, seorang cendekiawan agama dari Cirebon menjelaskan bahwa terjadinya mimpi basah tidak mengakibatkan batalnya puasa. Bagaimana bisa hal itu terjadi. Berikut adalah penjelasannya.

Bagi-bagi THR Lebaran Tapi Belum Bayar Hutang? Begini Hukumnya Kata Buya Yahya

“Dibahas dalam mazhab masalah air mani mimpi basah tidak membatalkan puasa,” kata Buya Yahya.

Selanjutnya, ketika membahas mengenai ejakulasi air mani yang terjadi selama mimpi basah. Menurut beberapa pandangan agama seperti yang dikemukakan oleh Imam Syafii dan Imam Hambali, air mani dianggap sebagai sesuatu yang suci.

Zara Anak Ridwan Kamil Pilih Lepas Hijab, Buya Yahya Tegaskan Hal Ini: Haram

Buya Yahya jelaskan hukum menelan air luda saat puasa

Photo :
  • YouTube Al-Bahjah TV

“Karena suci jika baju terkena air mani kalau kita solat menggunakan pakaian yang terkena air mani itu maka solat kita tetap sah. Tapi dalam mazhab Hanifa itu najis maka  sholatnya tidak sah,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title