Mitos atau Fakta, Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi es teh manis
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Bandung Konsumsi air putih minimal dua liter per hari diketahui sebagai cara yang paling ekonomis untuk menjaga kesehatan. Selain menyaring darah, ginjal juga memiliki peran dalam menghasilkan urine.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Dengan meminum cukup air mineral, ginjal dapat membantu dalam proses pengeluaran zat beracun melalui urine. Oleh karena itu, meminum cukup air putih dapat meringankan beban kerja ginjal dalam memproduksi urine.

Manfaat air

Photo :
  • viva.co.id
Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 500.000 Hari Ini, Klik Link 'Berkah Ramadan'

Namun, bagaimana aturan konsumsi air yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal selama bulan puasa Ramadan seperti sekarang? Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), Dr. dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH memberikan penjelasan. 

Konsumsi air dapat dilakukan seperti biasa, sama seperti saat tidak berpuasa, dengan memenuhi kebutuhan sekitar 2 liter per hari mulai dari berbuka puasa hingga sahur. 

Bukan H-7 atau H-3 Lebaran, Ini Waktu Terbaik Serahkan Zakat Fitrah Kata Ustaz Firanda Andirja

“Yang penting di waktu kita bisa makan dan minum itu dipenuhi kecukupannya tidak perlu dikejar saat buka atau saat sahur. Selama sepanjang tidak tidur di saat itu kita sebaiknya penuhi kebutuhan cairan,” kata dia dalam virtual media briefing bersama Kementerian Kesehatan, Kamis 14 Maret 2024.

Pringgodigdo menjelaskan bahwa aturan konsumsi air harian yang dianjurkan untuk orang dewasa yang sehat adalah sekitar 2 hingga 2,5 liter, dengan batas maksimal 3 liter per hari.  

Halaman Selanjutnya
img_title