Begini Hukum Mimpi Basah saat di Bulan Ramadhan? Buya Yahya: Lanjutkan Berpuasa

KH Buya Yahya jelaskan tanda puasa Ramadhan diterima
Sumber :
  • YouTube Al-Bahjah TV

Bandung – Mengenai masalah mimpi basah, Buya Yahya memberikan pernyataannya. Dalam video YouTube Buya Yahya, seorang cendekiawan agama dari Cirebon menjelaskan bahwa terjadinya mimpi basah tidak mengakibatkan batalnya puasa. Bagaimana bisa hal itu terjadi. Berikut adalah penjelasannya.

Bagi-bagi THR Lebaran Tapi Belum Bayar Hutang? Begini Hukumnya Kata Buya Yahya

“Dibahas dalam mazhab masalah air mani mimpi basah tidak membatalkan puasa,” kata Buya Yahya.

Selanjutnya, ketika membahas mengenai ejakulasi air mani yang terjadi selama mimpi basah. Menurut beberapa pandangan agama seperti yang dikemukakan oleh Imam Syafii dan Imam Hambali, air mani dianggap sebagai sesuatu yang suci.

Berkaca Pada Putri Ridwan Kamil, Begini Hukum Hijab dalam Islam Kata Ustadz Khalid Basalamah

“Karena suci jika baju terkena air mani kalau kita solat menggunakan pakaian yang terkena air mani itu maka solat kita tetap sah. Tapi dalam mazhab Hanifa itu najis maka  sholatnya tidak sah,” ujarnya. 

Buya Yahya menjelaskan bahwa pada dasarnya orang sering menemukan air mani di pakaian mereka. Individu tersebut akan secara otomatis mengganti busananya sebelum melaksanakan sholat.

Zara Anak Ridwan Kamil Pilih Lepas Hijab, Buya Yahya Tegaskan Hal Ini: Haram

Buya Yahya

Photo :
  • Tangkap layar

“Sebenarnya rata-rata pertanyaan ini hanya teori saja. Rata-rata orang yang bajunya terkena air mani sudah tidak dipakai lagi. Kecuali dalam keadaan tertentu sudah tidak ada pakaian lagi selain ini. Kita bia solat menggunakan baju tersebut,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title