Bukan H-7 atau H-3 Lebaran, Ini Waktu Terbaik Serahkan Zakat Fitrah Kata Ustaz Firanda Andirja

Zakat Fitrah menggunakan makanan pokok, beras.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Bulan Ramadhan identik dengan kewajiban umat Islam untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah merupakan salah satu syarat sahnya ibadah puasa Ramadhan.

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Banyak pertanyaan muncul terkait waktu terbaik untuk menunaikan zakat fitrah. Ustaz dr. Firanda Andirja menjelaskan bahwa zakat fitrah boleh dibayarkan tiga hari, dua hari, bahkan satu hari sebelum Lebaran.

Panitia Zakat Fitrah (foto ilustrasi).

Photo :
  • Viva.co.id
Cara Klaim Link Saldo DANA Gratis Spesial Lebaran 2024, Buruan Mumpung Masih Jutaan

"Kapan waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah? dibayarkan boleh sehari atau dua hari atau tiga hari sebelum lebaran. Kita boleh keluarkan zakat (di hari itu) karena sekarang distribusi sudah mudah kita boleh bayar zakat di hari ke-27, ke-28, ke-29 boleh," kata beliau dikutip dari tayangan YouTube Samudera Sunnah. 

Namun, waktu terbaik untuk menunaikan zakat fitrah adalah menjelang Lebaran, tepatnya sebelum shalat Ied. Hal ini bertujuan agar kaum miskin dan dhuafa tidak kelaparan di hari raya

Korlantas Polri Catat 1.581 Kasus Kecelakaan Terjadi di Momen Mudik Lebaran Tahun Ini

"Paling bagus menjelang lebaran, kalau kita mampu membagikan menjelang lebaran. Bahkan yang paling terbaik adalah sebelum solat ied," ujarnya.

Meskipun demikian, Ustaz Firanda mengakui bahwa pembayaran zakat fitrah sebelum shalat Ied cukup sulit dilakukan karena panitia zakat fitrah biasanya sudah menyalurkan zakat kepada mustahik.  

Halaman Selanjutnya
img_title